Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Api Padam, Pendakian di Gunung Ijen Dibuka Kembali

Kompas.com - 21/10/2014, 22:45 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Setelah kebakaran di wilayah cagar alam Gunung Ijen bisa dipadamkan, kini aktivitas pendakian di gunung yang berada di dua wilayah Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur itu, mulai normal kembali.

Sejak terjadi kebakaran pada Rabu (15/10/2014), selama tiga hari dari Kamis (16/10/2014) hingga Minggu (19/10/2014), aktivitas di Gunung Ijen diberlakukan sistem buka tutup.

“Rabu saat kebakaran terjadi, kita tutup total, hari Kamis kita berlakukan buka tutup. Jumat juga begitu, Sabtu dan Minggu juga masih diberlakukan buka tutup, dan untuk pendakian kita awasi dengan ketat,” ungkap Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jawa Timur, Sunandar Tri Gunajasa, Selasa (21/10/2014).

Saat ini, kata dia, kebakaran lahan di Gunung Ijen sudah diatasi dan sudah padam. Untuk itu, aktivitas pendakian kembali dibuka.

“Mulai sekarang aktivitas sudah normal, karena kondisinya sudah aman, makanya kita buka kembali,” imbuh Sunandar.

Sebelumnya, dari Rabu (15/10/2014) hingga Minggu (19/10/2014) terjadi kebakaran lahan di Gunung Ijen. Tim BKSDA memperkirakan luas lahan yang terbakar mencapai 150 hektar. Mayoritas lahan yang terbakar ditumbuhi semak belukar.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com