Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pipa Pertamina Bocor, Rumah Sekitar Lokasi Kejadian Harus Dikosongkan

Kompas.com - 21/10/2014, 19:33 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com – Kepala Polres Tasikmalaya Kota, AKBP Noffan Widyayoko mengimbau kepada seluruh masyarakat sekitar lokasi pipa Pertamina bocor agar mengosongkan rumah untuk sementara. Hal ini sebagai salah satu upaya antisipasi ledakan yang mungkin terjadi akibat kebocoran pipa bahan bakar minyak (BBM).

“Saya mengimbau kepada seluruh warga dengan jarak radius 50 meter supaya bisa mengosongkan sementara rumahnya terlebih dahulu. Langkah ini sebagai salah satu upaya antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Noffan kepada wartawan di lokasi kejadian, Selasa (21/10/2014).

Noffan menambahkan, kebocoran pipa Pertamina yang terjadi di Kampung Warung, Desa Kamulyan, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, ini diduga akibat usia pipa telah tua dan lapuk. Hal itu sesuai data dan keterangan sementara yang diperoleh saat melakukan penyelidikan di lokasi kejadian.

“Untuk penyebab pastinya kita belum bisa menentukan dan masih dalam tahap penyelidikan. Namun, tadi saya berbincang dengan kepala Depo Pertamina Tasik, kebocoran katanya akibat pipa sudah usia tua,” kata Noffan.

Sampai sekarang, kata Noffan, aliran distribusi BBM jenis solar melalui pipa yang bocor tersebut telah dihentikan baik dari Balongan, Cilacap, maupun yang dari Terminal BBM Tasikmalaya. Petugas Pertamina pun sampai sekarang masih melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki pipa yang bocor tersebut.

“Kita berupaya untuk melakukan pengamanan sebaik mungkin, sambil berjalannya perbaikan yang dilakukan oleh petugas Pertamina di lokasi kejadian,” tambah Noffan.

Sementara itu, kepala Terminal BBM Pertamina Tasikmalaya saat berada di lokasi kejadian, enggan memberikan komentar apapun kepada awak media terkait peristiwa itu.

Dihubungi terpisah, Perwakilan Humas PT Pertamina, Mila mengaku sampai sore tadi belum mendapatkan kabar adanya kebocoran pipa distribusi BBM di wilayah Tasikmalaya. Namun demikian, ia akan segera mencari tahu dan menghubungi pihak Terminal BBM Tasikmalaya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah pipa milik PT Pertamina kembali mengalami kebocoran dan menyemburkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar di Kampung Warung, Desa Kamulyan, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (21/10/2014). Peristiwa itu membuat warga panik karena takut pipa meledak seperti peristiwa serupa di Kecamatan Cineam yang menelan korban jiwa.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com