Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arca Candi yang Ditemukan di Sleman Diketahui sebagai Mahakala

Kompas.com - 21/10/2014, 15:05 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Arca candi yang ditemukan oleh seorang buruh bangunan di daerah Pangukan RT 01 RW 09 Tridadi, Sleman, beberapa hari lalu sudah diketahui identitasnya. Berdasarkan ciri fisiknya, arca tersebut diperkirakan berasal dari zaman Mataram Hindu abad kesembilan Masehi.

"Arca yang ditemukan merupakan Mahakala dari zaman Mataram Hindu abad kesembilan Masehi," ujar Wahyu Astuti, Kepala Saksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB DIY, Selasa (21/10/2014).

Wahyu menjelaskan, di struktur candi, arca Mahakala biasanya berada di depan pintu. Mahakala atau arca penjaga candi yang ditemukan di Tridadi ini memegang senjata gada. Artinya, lanjut Wahyu, arca ini biasanya terletak di sebelah kanan pintu candi.

"Mahakala ini membawa senjata gada, biasanya terletak di sebelah kanan pintu candi. Sebelah kiri itu membawa pedang," tandasnya.

Menurut Wahyu, di lokasi yang sama juga ditemukan beberapa batu candi, tetapi untuk mengetahui lebih jauh, pihaknya masih akan melakukan pengecekan di lokasi penemuan.

"Kami akan memberikan penghargaan kepada Supardi sebagai penemu. Dia sudah jujur dan mau melaporkan temuannya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com