Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mujiono, Kusir Langganan Jokowi di Setiap Kirab (1)

Kompas.com - 17/10/2014, 19:47 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com 
 Mas Ngabehi Mujiono Prasetyo (36) mengaku terkejut ketika dihubungi pada Rabu (15/10/2014). Pria yang akrab disapa Mas No ini dihubungi oleh salah satu pegawai Dinas Pariwisata Kota Solo untuk menyediakan kuda-kuda yang akan dipakai dalam acara kirab seusai pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla sekaligus menjadi kusir keretanya, 20 Oktober mendatang.

Meski terkejut, Mujiono yang sehari-hari bekerja sebagai peternak kuda ini mengaku senang dan bangga setelah menerima tawaran itu.

Dia akan berangkat ke Jakarta bersama adiknya, Bejo. Adiknya itu akan menjadi kusir untuk kereta Pak Jusuf Kalla.

Mujiono akan membawa Srikandi dan Agustin, dua kuda betina andalannya, ke Jakarta. Keduanya akan menjadi kuda utama yang menarik kereta andong yang membawa Jokowi dan istrinya, Iriana.

Ketika ditemui Kompas.com, Jumat (17/10/2014), Mujiono tengah memandikan kedua kuda ras Australia itu. Dia mengatakan, Srikandi dan Agustin telah menjadi kebanggaan keluarga karena bisa menjadi bagian dari sejarah mengangkut Jokowi dalam berbagai kirab.

Saat ini, Srikandi dan Agustin berumur tujuh tahun. Keduanya sudah terlatih untuk mengikuti kirab atau karnaval.

"Kita pilih Srikandi dan Agustin karena sudah sering ikut karnaval, dan Pak Jokowi sudah pernah mengendarainya," katanya.


Bersambung: Kusir Mujiono: Jokowi Suka Kuda yang Patuh (2)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com