Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Srikandi dan Agustin, Dua Kuda Khusus untuk Kirab Jokowi

Kompas.com - 17/10/2014, 14:16 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com — Srikandi dan Agustin akan menemani Joko Widodo dalam acara kirab budaya setelah Jokowi dilantik sebagai presiden ke-7 Indonesia, Senin (20/10/2014). Dua ekor kuda betina didatangkan khusus dari Solo untuk menarik kereta yang akan dinaiki presiden terpilih dan istrinya, Jokowi dan Iriana.

Srikandi dan Agustin adalah dua dari empat ekor kuda yang akan dikirimkan khusus dari Solo untuk acara kirab.

Saat Kompas.com mengunjungi kandang kuda tempat Srikandi dan Agustin berada, di Kampung Jajar RT 3/RW 7, Gang Jambu, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, pemilik kuda, Mas Ngabehi Mujiono (36), mengatakan bahwa dua ekor kuda tersebut sudah sering ditunggangi Jokowi semasa ia masih menjabat Wali Kota Solo.

Saat ini, Srikandi dan Agustin berumur tujuh tahun. Keduanya sudah terlatih untuk ikut kirab atau karnaval.

"Kita pilih Srikandi dan Agustin karena sudah sering ikut karnaval, dan Pak Jokowi sudah pernah mengendarainya," katanya.

Muji mengaku mendapat perintah untuk mengirimkan kudanya pada hari Rabu lalu.

"Saat itu, petugas Pemkot Solo menghubungi dan meminta empat kuda untuk ikut karnaval di Jakarta," katanya kepada Kompas.com, Jumat (17/10/2014).

Jumat siang, kuda-kuda itu tengah dimandikan dan dibersihkan. Muji juga sudah menyiapkan lebih dari dua keranjang ukuran besar berisi rumput untuk makan kuda-kuda tersebut selama di perjalanan menuju Jakarta. Rencananya, Srikandi dan Agustin akan diberangkatkan ke Jakarta sore ini dengan menggunakan truk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com