Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Lepas Timnas Homeless World Cup Indonesia ke Cile

Kompas.com - 16/10/2014, 17:56 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melepas Timnas Homeless Indonesia untuk melakoni kompetisi futsal bertajuk Homeless World Cup 2014 di Cile, Kamis (16/10/2014). Sepuluh orang yang tergabung dalam tim tersebut diseleksi dari kelompok marjinal kota, seperti mantan pencandu narkotika, pengidap HIV/AIDS, hingga kaum miskin kota.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, keikutsertaan Timnas Homeless Indonesia yang digagas oleh Rumah Cemara ini merupakan kali keempat setelah tiga kali diselenggarakan di Meksiko pada 2011, Paris pada 2012, dan Polandia pada 2012 lalu.

"Timnas ini pernah ranking 4 di Meksiko, mengalahkan negara besar lain, seperti Italia. Walaupun berbeda (gengsi), ada kebanggaan tersendiri bisa berprestasi di ajang itu," kata Emil di Balaikota Bandung, Kamis siang.

Emil berharap Timnas Homeless Indonesia bisa berprestasi lebih baik dari capaian di Meksiko. Dia pun optimistis tim yang dikirim tahun ini bisa juara.

"Saya harap prestasinya bisa lebih baik daripada di Meksiko, mudah-mudahan bisa juara. Saya optimistis karena dari tahun ke tahun relatif lebih baik," ungkapnya.

Selain berprestasi, Emil berharap para personel Timnas Homeless Indonesia bisa memberikan kontribusi positif serta menjadi contoh untuk memotivasi lingkungan tempat tinggal mereka menjadi lebih baik.

"Lebih dari itu, pulangnya diharapkan bisa menularkan semangat pantang menyerah ke lingkungan masing-masing. Dari berbagai cerita yang saya dengar bagaimana mereka jadi motor penyemangat," tambahnya.

Sebagai salah satu dukungan, Emil pun meminta kepada PDAM Tirtawening Kota Bandung untuk ikut mensponsori perjuangan anak-anak muda tersebut.

"Saya selalu bantu sebelum jadi wali kota dan sekarang sudah jadi wali kota saya bisa lebih leluasa. Maka, saya perintahkan PDAM supaya jadi sponsor rutin tiap tahun. Enggak ada salahnya perusahaan lokal bisa jadi pemeberi sponsor," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com