Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lengser, SBY Akan Bernostalgia di Akmil Magelang

Kompas.com - 16/10/2014, 15:37 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Menjelang berakhir masa jabatannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan bernostalgia ke Akademi Militer (Akmil), di Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (17/10/2014). Di tempat ini, SBY pernah mengenyam pendidikan militernya dari tahun 1970-1973.

Menurut Kaur Penpas Penhumas Akmil, Kapten Mulyono, SBY didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dijadwalkan akan tiba di Akmil sekitar pukul 06.30 WIB. Komandan Divisi Korps Taruna 1973 itu akan memberikan pengarahan dan silaturahmi kepada jajaran TNI Kodam IV/Diponegoro di Stadion Sapta Marga Akmil.

“Beliau (SBY) memberikan pengarahan kepada 11.000 prajurit Kodam IV/Diponegoro sekaligus mungkin juga akan pamitan sebagai presiden,” ujar Mulyono, Kamis (16/10/2014).

Seperti diberitakan, SBY akan segera menyerahkan jabatannya sebagai Presiden kepada Presiden terpilih, Joko Widodo, di Jakarta, 20 Oktober 2014 mendatang. Pada kesempatan itu, kata Mulyono, SBY rencananya akan bermain marching band bersama para kelompok marching band kebanggan Akmil, Genderang Seruling Canka Lokananta serta sejumlah jenderal dan mantan jenderal yang pernah menimba ilmu di lembah butkit Tidar itu.

“Rencananya beliau akan bermain marching band bersama sejumlah jenderal dan mantan jenderal,” ucap Mulyono tanpa merinci siapa para jenderal dan mantan jenderal yang dimaksud.

Setelah itu, SBY akan meresmikan Museum Paviliun 5 di kompleks Akmil yang berisi koleksi foto dan sejumlah perlengkapan yang pernah digunakan SBY saat menjadi taruna Akmil. Paviliun 5 merupakan tempat “istimewa” yang diberikan Akmil kepada taruna terbaik.

"SBY adalah taruna terbaik pada tahun 1973, beliau berhak menempati paviliun tersebut dan kini dijadikan Museum Paviliun 5," katanya.

Berdasarkan pantuan, sejak beberapa hari yang lalu, segala persiapan telah dilakukan oleh petugas untuk menyambut kedatangan rombongan SBY. Mulai dari pemasangan bendera umbul-umbul di kompleks Akmil, tenda, serta tampak petugas keamanan dari Polri maupun TNI yang berjaga-jaga di sekitar Akmil dan jalan-jalan protocol di Kabupaten dan Kota Magelang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com