Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Biasakan Peluk Istri 20 Detik Setiap Hari

Kompas.com - 14/10/2014, 09:08 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil ternyata mempunyai kebiasaan unik dalam memulai harinya. Dia selalu menyempatkan diri untuk memeluk istri dan anak-anaknya, minimal 20 detik dalam sehari. Bagi dia, hal ini merupakan salah satu wujud komunikasi di dalam keluarga.

"Kang Emil jadwalnya padat, saya dan anak-anak juga demikian. Tapi komunikasi tidak boleh terputus. Selain memanfaatkan gadget, kami membiasakan 20 detik memeluk anggota keluarga," ujar istri Emil, Atalia Praratya Kamil kepada Kompas.com, Senin (13/10/2014).

Atalia menjelaskan, keluarganya sangat meyakini bahwa energi ada dari keluarga. Karenanya, dengan memeluk keluarga, segala beban akan sirna.

Seperti Emil, demikian dia biasa disapa, ketika galau karena tingkat pekerjaan, maka dia akan pulang ke rumah dan memeluk anak atau isteri. Setelah itu, semangatnya kembali tumbuh. "Namanya manusia, pasti ada saatnya galau. Cukup dengan memeluk anggota keluarga, Kang Emil seger lagi, dan kembali menjalankan pekerjaannya," ungkap Atalia.

Atalia mengaku, setelah menjadi Ibu Wali Kota, kegiatannya semakin banyak. Dari yang hanya mengurus anak pribadi, kini menjadi ibu seluruh anak di Kota Bandung.  "Saya dekat dengan kalangan remaja. Mereka memanggil saya bunda. Ada kalanya mereka kerap curhat pada saya, itu menyenangkan," kata dia.

Di tengah kesibukannya, Atalia dan Emil sepakat memberikan perhatian penuh kepada anaknya. Biasanya, jadwal Atalia sudah diatur sedemikian rupa sehingga tetap bisa mengurus keluarga.

"Saya pergi dari rumah setelah Kang Emil pergi. Dan semua kegiatan tidak lebih dari jam 18.00 WIB. Jadi masih leluasa berinteraksi dengan keluarga," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com