Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monorel Bandung Koridor 2 Terkendala, Apa Masalahnya?

Kompas.com - 13/10/2014, 13:28 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Proyek pembangunan monorel Kota Bandung koridor dua awalnya direncanakan menempuh rute sepanjang 20,046 kilometer dari Cimindi hingga ke Gedebage. Namun, karena suatu alasan, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, memangkas jalur tersebut.

Emil--sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan, pemangkasan jalur tersebut karena ada beberapa daerah yang masih bermasalah dalam urusan pembebasan lahan. "Dulu itu studi koridor dua sampai Gedebage, ternyata dari Antapani sampai Gedebage ada masalah pembebasan lahan. Jadi itu masuk rute yang problematik," kata Emil saat ditemui seusai Market Sounding 2 Monorel Bandung di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Senin (13/10/2014).

Meski demikian, Emil memastikan koridor dua sudah tidak ada masalah lagi. Dia pun memutuskan rute trek monorel Bandung koridor dua hanya sampai Antapani. "Jadi kita putuskan untuk melelang yang sudah aman. Mentoknya sampai Antapani," tutur dia.

Jika nantinya sudah tidak ada masalah pembebasan lahan lagi, lanjut dia, bukan tidak mungkin monorel Bandung koridor dua akan menggunakan rencana pertama. Mengingat Gedebage diproyeksikan menjadi pusat kota modern bernama Bandung Teknopolis. "Suatu hari nanti pasti dikoneksikan sampai Gedebage," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com