Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mak, Burungku Mana?

Kompas.com - 12/10/2014, 18:37 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis


PAREPARE, KOMPAS.com
– Ipul, soerang bocah berumur lima tahun, terisak di tengah hamparan sawah yang mengering. Matanya basah. Celingukan ia memandang ke sana ke mari.

“Emak, Mak, burungku mana? “ tanya Ipul sambil terisak kepada ibunya Darmawati yang menggendong bayi, adik Ipul.

Ipul berjalan berkeliling sambil membongkar sisa seng atap rumah mereka yang berserakan tersapu angin puting beliung. Angin puting beliung memporak-porandakan tiga rumah dan satu kandang ayam, di Lamaubeng, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Minggu siang (12/10/2014).  (Baca: Puting Beliung Rusak Tiga Rumah di Parepare).

Kejadian itu begitu cepat. Warga kaget bukan kepalang.

“Kami panik. Atap seng terbang terbawa angin puting beliung. Burung Pipit kesayangan Ipul hilang terbawa angin bersama sangkarnya,“ tutur Darmawati.

Di kejauhan, ibu dan anak ini melihat sangkar burung tergeletak. Dengan girang ia berlari menghampiri sangkar burung yang jaraknya ratusan meter dari rumah panggung mereka. Burung pipitnya tak ada di dalam sangkar itu. 

“Mak, Mak, Mak, apa burungku sudah mati atau lepas, Mak?” teriak Ipul sambil menangis.

Darnawati menghampiri Ipul dan memeluknya. Ia ikut terisak. Ia berbisik, berjanji akan membelikan Ipul burung Pipit yang lebih cantik.

Supriadi, Ketua RT 2 RW 3 Kelurahan Galung Maloang, mengatakan, ia telah melaporkan bencana yang menimpa warganya di kelurahan dan kecamatan. "Hingga sore ini belum juga ada bantuan. Warga membutuhkan tenda dan selimut,“ kata Supriadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com