Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Korban Kapal TNI AL yang Tenggelam di Rote Ditemukan

Kompas.com - 12/10/2014, 15:48 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Dua dari tiga korban yang hilang dalam musibah tenggelamnya kapal Robber Boat Sea Reader milik TNI Angkatan Laut Pulau Rote di Selat Loekeli antara Pulau Ndao dan Pulau Do’o, Kabupaten Rote Ndao, NTT, ditemukan pada Sabtu (11/10/2014) siang. Tim gabungan dari Badan SAR Kupang, Nusa Tenggara Timur, Polair Polda NTT, TNI AL Kupang, pemerintah Kabupaten Rote Ndao, dan warga setempat masih mencari seorang korban lainnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT Tini Tadeus ketika menghubungi Kompas.com, Minggu (12/10/2014) sore, mengatakan bahwa dua korban yang ditemukan tersebut adalah Brigadir polisi (Brigpol) Yupiter Pah dan seorang lainnya yang belum diketahui identitasnya. "Sudah ditemukan dua orang dan masih tersisa satu orang lagi yang belum ditemukan," jelas Tadeus.

Secara terpisah, Kepala Polres Rote Ndao Ajun Komisaris Besar Polisi Hidayat mengatakan, tim gabungan sudah melakukan pencarian sejak kemarin sore dan dilanjutkan pagi hingga siang hari ini. Kira-kira pukul 13.00 Wita, korban Yupiter ditemukan dan seorang korban lainnya ditemukan kira-kira pukul 14.40 Wita. Pada saat ditemukan, keduanya sudah dalam keadaan meninggal.

"Jenazah Brigpol Yupiter sudah berada di Rumah Sakit Umum (RSU) Ba'a, sementara jenazah yang satunya lagi sementara ini menuju ke darat untuk dibawa ke RSU Ba'a," kata Hidayat.

Sebelum tenggelam, kapal yang tersebut memuat 12 orang, termasuk nakhoda kapal, itu tengah melakukan patroli gabungan pengawasan Taman Nasional Perairan Laut Sawu. Rombongan bertolak dari Dermaga Ba’a, Rote Ndao, kira-kira pukul 08.00 Wita dan mengalami kecelakaan sekitar pukul 12.00 Wita.

Tim penyelamat menemukan tiga korban tewas, yakni Kepala Satuan Kepolisian Perairan (Kasat Polair) Polres Rote Ndao Inspektur Dua (Ipda) Imanuel Do Hina, Yos Fanggidae dari Forum Adat Rote Ndao, dan Detrius Koeain dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Rote Ndao. Adapun enam korban selamat adalah Kapten (L) Arif (Pas Ops Lanal Pulau Rote), Kis Didi (Anggota Lanal Pulau Rote), Bripka Nefriadi B Tallo (Anggota Polair Polres Rote Ndao), Aleksander Modok (DKP Kabupaten Rote Ndao), Aprianus Veto (KPPN Kupang), dan Verawati Ratu Ludji (KPPN Kupang). Tiga korban lainnya dilaporkan hilang dan dua di antaranya ditemukan siang ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com