Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kondisi Gunung Slamet Sekarang

Kompas.com - 11/10/2014, 13:13 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

PEMALANG, KOMPAS.com - Sejak Gunung Slamet dinyata berstatus Siaga pada 12 Agustus lalu, aktivitas vulkaniknya hingga kini masih tinggi. Dari sisi kegempaan gunung yang mencakup lima wilayah di Jawa Tengah, yaitu Brebes, Tegal, Pemalang, Purbalingga dan Banyumas, masih didominasi gempa tremor terus menerus.

"Gempa tremor terus menerus menunjukkan aktivitas magma cukup tinggi," kata Sudrajat, Ketua Pos Pengamatan Gunung Slamet di Desa Gambuhan, Pulosari Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (11/10/2014).

Menurut Sudrajat, secara visual, aktivitas gunung terbesar se-Jawa Tengah ini cenderung menurun. Gunung Slamet mulai tenang, hanya sesekali mengeluarkan embusan asap setinggi 50-150 meter dari puncak.

"Sejak tanggal 8 Oktober samai sekarang terus mengeluarkan Asap tebal, namun tidak membawa material vulkanik seperti pasir dan abu, hanya uap air saja," tambah dia.

Hingga kini tim tanggap darurat dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus memantau aktivitas Gunung Slamet. Masyarakat diimbau tetap tidak berakti itas di radius kurang dari 4 kilometer dari puncak gunung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com