Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tank Tempur TNI AD Melintas di Jalan Malioboro

Kompas.com - 11/10/2014, 11:28 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 15 kendaraan tempur milik TNI AD dikirab melintasi Jalan Malioboro, Yogyakarta, Sabtu (11/10/2014). Kegiatan itu merupakan bagian dari peringatan HUT Ke-69 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kirab kendaraan tempur ini menjadi hiburan bagi ribuan warga Yogyakarta dan wisatawan yang sejak pukul 08.00 WIB sudah mulai berjajar di sepanjang jalan.

Komandan Korem (Danrem) 072 Pamungkas Brigjen TNI Sabrar Fadilah dalam sambutannya mengungkapkan, acara tersebut tidak sekadar memperingati HUT TNI, tetapi juga merupakan bentuk ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat atas dukungannya selama ini, sekaligus sebagai pertanggungjawaban TNI kepada seluruh rakyat.

"TNI kuat karena rakyat. TNI bisa membangun kekuatan dalam menjaga kedaulatan negara ini karena uang rakyat. Ini sebagai ucapan terima kasih untuk seluruh rakyat," ucap Fadilah.

Meskipun demikian, dia meminta maaf kepada seluruh masyarakat DIY karena tidak semua kendaraan tempur TNI bisa ditampilkan di Alun-alun Utara Yogyakarta.

"Kekuatan kendaraan tempur TNI semua merata, baik AL, AD, maupun AU. Saya meminta maaf karena tidak semua kendaraan tempur bisa dibawa ke sini," kata Fadilah.

Kirab kendaraan tempur TNI AD diawali dengan melalui Alun-alun Utara ke Jalan Trikora, lalu ke Jalan Senopati. Dari Jalan Senopati, iring-ringan lalu bergerak ke Jalan Mataram sampai ke simpang Abu Bakar Ali, kemudian belok ke Jalan Malioboro, dan kembali ke Alun-alun Utara.

Kirab 15 kendaraan tempur TNI AD turut dihadiri serta dipimpin dan dilepas oleh Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com