Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Helikopter, Soekarwo Datangi Keluarga Korban KM Jabal Nur

Kompas.com - 10/10/2014, 08:42 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

SUMENEP, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dijadwalkan akan mendatangi para korban dan keluarga korban karamnya kapal motor Jabal Nur di Desa Brakas, Kecamataan Raas, Jumat (10/10/2014).

Soekarwo akan datang ke Pulau Raas menggunakan pesawat helikopter. Koordintor relawan penanganan bencana kapal Jabal Nur, Hasyim Ersyad saat dihubungi Kompas.com, mengatakan, saat ini warga selain disibukkan dengan pencarian sisa korban, juga direpotkan dengan rencana kedatangan Gubernur Jatim.

Persiapan yang sudah dilakukan warga seperti penyediaan tempat, air dan konsumsi para pejabat yang mengiringi Gubernur Jawa Timur. “Informasinya nanti pukul 13.00 wib, Gubernur ke Raas. Bupati Sumenep juga akan mendapinginya tetapi Bupati Sumenep menempuh jalur laut,” kata Hasyim Ersad.

Kedatangan Gubernur Jatim dan Bupati Sumenep, akan dimanfaatkan oleh warga pulau Raas, terutama keluarga korban tewas dan keluarga korban yang selamat, untuk mengadukan musibah yang dialaminya. 

“Penanganan keluarga para korban selanjutnya butuh perhatian dari pemerintah. Biarlah mereka yang menyampaikan secara langsung kepada Bupati dan Gubernur,” imbuh Hasyim Ersad.

Salah satu anggota kelurga korban, Sahmawi, mengaku kesal dengan Pemerintah Kabupaten Sumenep yang sangat lamban menangani musibah karamnya KM Jabal Nur. Sebab, yang datang ke lokasi dan melakukan pencarian bukan berasal dari Pemkab Sumenep, tetapi dari Pemkab Situbondo dan Basarnas.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, baru turun ke Raas empat hari setelah kejadian. “Karamnya kapal Jabal Nur itu musibah besar, tapi yang perhatian dari kabupaten lain. Pemkab Sumenep lamban sekali,” ungkap dia.

Sampai berita ini dilansir, jumlah korban yang ditemukan sudah 28 orang. 20 korban sudah meninggal dunia dan 8 orang selamat. Korban selamat sedang menjalani perawatan di Puskesmas Kecamatan Raas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com