Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Jember Tetap Siapkan Dana Pilkada Langsung

Kompas.com - 08/10/2014, 15:37 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Meski belum ada kepastian dari pemerintah pusat soal mekanisme pemilihan kepala daerah apakah langsung atau melalui DPRD, Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, tetap menyiapkan dana untuk penyelenggaraan pilkada secara langsung, dalam Rancangan Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (RAPBD) Tahun 2015.

“Sudah kami pastikan, kami akan menyiapkan dana untuk pilkada langsung. Memang sebelumnya, kami berencana akan memangkas anggaran pilkada menjadi tidak langsung, tetapi kan sampai hari ini belum ada kepastian,” terang Sugiarto, ketua Tim Anggaran Pemkab Jember, Rabu (8/10/2014).

Menurut Sugiarto, Pemkab Jember sengaja menyiapkan dana pilkada langsung dalam RAPBD 2015, untuk mengantisipasi jika nantinya keputusan yang turun dari pemerintah pusat ternyata pilkada tetap digelar secara langsung.

“Kalau kemudian kita nyiapkan anggaran pilkada tidak langsung, dan ternyata keputusannya langsung, kan bisa berantakan nantinya. Untuk itu, tetap kita antisipasi,” ujar dia.

Namun, kata Sekretaris Daerah Jember ini, jika akhirnya pilkada digelar tidak langsung atau melalui DPRD, kemudian ada kelebihan dana, maka akan dikembalikan ke kas daerah.

“Kalau lebih, tinggal dikembalikan kembali ke kasda,” tandas Sugiarto.

Mengenai berapa besaran anggaran yang disiapkan, Sugiarto belum bisa memberikan jawaban.

“Masih kita hitung, namun yang pasti akan kita siapkan untuk pelaksanaan pilkada dengan asumsi dua putaran,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com