Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT TNI, Warga Surabaya Ramai-ramai Naik Kendaraan Perang TNI AD

Kompas.com - 08/10/2014, 12:11 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Warga Surabaya juga berkesempatan menikmati perayaan HUT ke-69 TNI, Rabu (8/10/2014). Mereka diajak menaiki belasan kendaraan perang TNI Angkatan Darat (AD) dan berkeliling di sejumlah ruas jalan di Surabaya.

Sejumlah kendaraan perang TNI AD yang disediakan untuk mengangkut warga adalah kendaraan yang saat HUT TNI di Armatim kemarin mengikuti defile.

Kendaraan-kendaraan tersebut diarak melintasi sejumlah ruas jalan dari Jalan Raden Wijaya (depan Makodam V Brawijaya), Jalan Gajahmada, pertigaan Gunung Sari, Jalan Joyoboyo, Jalan Darmo, belok kiri menuju Jalan Bengawan, Jalan Kutai, Jalan Hayamwuruk, Jalan Kesatrian dan finish di Jalan Raden Wijaya.

Kapendam V Brawijaya, Kolonel ARM Totok Sugiarto mengatakan, mengajak masyarakat menaiki kendaraan TNI AD, sebagai upaya pihaknya mendekatkan diri ke tengah masyarakat.

"Kami adalah bagian dari masyarakat, dan kendaraan ini juga dibeli dari uang masyarakat," kata Totok.

Mengajak masyarakat berkeliling dengan kendaraan TNI AD adalah bagian dari rangkaian syukuran Kodam V Brawijaya memperingati HUT TNI ke-69. Di kompleks Makodam V Brawijaya juga digelar syukuran yang terbuka untuk masyarakat umum.

Acara langsung dilanjutkan dengan pameran Alutsista yang digelar di lapangan Makodam Brawijaya, dengan tema "Alutsista TNI AD sehari bersama rakyat di Surabaya".

Sejumlah alutsista yang dipamerkan antara lain, 15 Panser Anoa, 8 Tank Leopard, 21 Tank Scorpion, 10 Tank Tarantula, 5 Tank M113-A1, 3 Meriam MLRS, 2 Meriam 155 mm Caesar, 2 Meriam 155 mm/KH 179, 7 Meriam 105 mm/KH, 4 Rudal RBS, 4 Meriam 23 Zur/Grom, 3 Helly, 4 Tank BMP 3F TNI AL dan 4 Tank LV 7 TNI AL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com