Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicara Tata Kota, Risma Laris Diundang ke Luar Negeri

Kompas.com - 06/10/2014, 14:42 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini semakin laris diundang menjadi pembicara oleh lembaga luar negeri. Kebanyakan, wali kota perempuan pertama Surabaya ini diundang untuk memaparkan seputar konsep kebijakan tata kota.

Kata Risma, sampai akhir 2014 hingga awal 2015, setidaknya ada empat lembaga luar negeri yang sudah mengirimkan undangan resmi kepadanya.

"Akhir-akhir ini saya sangat sibuk, pertunjukannya laris," kata Risma sambil berkelakar dengan wartawan, Senin (6/10/2014), seusai memberi pengarahan terhadap lurah dan camat se-Surabaya.

Beberapa agenda tersebut di antaranya, Selasa (7/10/2014) besok, Risma akan terbang ke negara bagian Amerika Serikat, yakni Washington DC, untuk presentasi soal kebijakan penataan perkotaan.

"Yang mengundang lembaga Bank Dunia (World Bank) pusat. Seluruh perwakilan dunia akan hadir di sana," terangnya.

Jadwal wali kota yang diusung PDI-P ini terus berlanjut ke hingga ke Barcelona, Spanyol, untuk presentasi perancanaan kota, kemudian ke Darwin, Australia. Setelah itu, Risma akan pergi ke Universitas Nagoya, Jepang, juga untuk mempresentasikan konsep seputar perencanaan dan penataan Kota Surabaya.

Nama Risma menjadi populer di berbagai negara karena dinilai sebagai wali kota yang berprestasi dalam membangun Surabaya. Risma juga tercatat memperoleh sejumlah penghargaan lokal hingga internasional, seperti Mayor Recognition’s Awards (MRA) dari The Eastern Regional Organisation for Planning and Human Settlements (EAROPH) dan nomine wali kota terbaik dunia 2014, calon peraih World Mayor Prize dari The City Mayors Foundation (CMF).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com