Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Pembunuhan "Onde-onde Isi Racun" Ditemukan Tewas

Kompas.com - 06/10/2014, 11:10 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Juni Haryanto (61), pembunuh Desy Lukitasari (12), ditemukan tewas akibat gantung diri di dalam sel Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banyuwangi , Senin (6/10/2014).

Dugaan sementara, aksi nekat yang dilakukan oleh kakek warga Kecamatan Muncar tersebut karena ia stress dan perasaan bersalah atas kasus yang menimpanya.

"Ia menghuni blok C3 dengan status tahanan Polsek Muncar dan dipindah ke lapas sejak tanggal 2 Oktober 2014 lalu," jelas Marlik Subagio, Kepala Lapas Banyuwangi kepada Kompas.com, Senin pagi.

Juni ditemukan gantung diri dengan sobekan baju miliknya serta seutas kawat yang diikatkan di teralis sekitar jam 5 pagi.

"Sekitar jam 3 pagi ada kontrol, korban masih dalam keadaan tidur di bawah lalu di suruh pindah ke atas termasuk saat kontrol setengah 5 pagi korban juga masih tidur. Baru jam 5 pagi saat komandan regu kontrol lagi, korban sudah ditemukan tergantung," ungkap dia.

Di dalam sel terdapat tiga orang dan tidak ada yang menyadari saat korban gantung diri. "Rekan satu sel nya masih tidur. Menurut pengakuan rekan satu sel, korban empat diajak shalat Isya tapi menolak dan mengatakan belakangan saja. Sempat bangun jam 12 malam dan bercerita lalu tidur lagi," kata Marlik.

Jenazah Juni Haryanto langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan untuk diautopsi sebelum diserahkan ke pihak kepolisian dan keluarga.

Diberitakan sebelumnya Juni Haryanto membunuh Desy Lukitasari (12) siswi kelas 6 SD. Ia memaksa korban memakan onde-onde yang sebelumnya ia isi dengan racun. Sebelum membunuh, pria itu mencabuli korban. [Baca: Bocah 12 Tahun Dibunuh dengan Dipaksa Makan Onde-onde Isi Racun]

Gadis kelas 6 SD tersebut ditemukan tewas dengan luka di kepala di tengah ladang tembakau, Jumat (26/9/2014) dini hari. Sebelumnya, gadis yang masih duduk di kelas 6 SD tersebut dinyatakan hilang sejak Rabu (24/9/2014) lalu.

"Dari pemeriksaan, Juni mengaku cinta mati kepada Desy walaupun masih anak-anak. Agar tidak di miliki oleh orang lain Juni memilih membunuh Desy dengan onde-onde berisi racun," jelas Kapolsek Muncar, Kompol Ary Murtini. [Baca: Kakek Ini Bunuh Bocah SD dengan Onde-onde Isi Racun karena Cinta Mati]


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com