Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Idul Adha, Cileunyi Bandung Macet Total

Kompas.com - 05/10/2014, 21:42 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pintu masuk Kota Bandung dari Sumedang dan selatan Jawa Barat macet total hingga 5 Km, Minggu (5/10/2014). Kecepatan kendaraan hanya 10 Km/jam, sedangkan mobil tak bergerak sama sekali.

Dari pantauan Kompas.com, kemacetan sudah terlihat dari Jatinangor, Sumedang. Selain karena banyaknya kendaraan pulang menuju Jakarta dan Bandung, perbaikan jalan di Jatinangor menyebabkan kemacetan semakin parah.

Begitupun dari arah selatan Jawa Barat seperti Pangandaran dan Garut. Kendaraan padat merayap. Kemacetan semakin parah di Cileunyi, jalur pertemuan dari arah Sumedang atau selatan Jabar.

"Dari Garut sudah macet. Begitu datang ke Cileunyi, macet sangat parah. Mungkin karena bottleneck (penyempitan arus)," ujar Septian (32), Minggu (5/10/2014).

Kemacetan baru terurai di Bunderan Cibiru, Kota Bandung. Di tempat ini, sejumlah pengendara motor yang membawa banyak barang bawaan terlihat istirahat di pinggir jalan. Mereka sekedar meluruskan kaki, minum, dan mengistirahatkan tubuh.

"Kami Idul Adha di Tasikmalaya sama keluarga. Mumpung liburnya 2 hari. Macet sedikit gak apa-apa," ucap Euis Solihat (26).

Dia mengungkapkan, kemacetan bukan hanya karena arus mudik Idul Adha, tapi juga banyak orang liburan. "Kami memang berburu untuk pulang hari ini, karena besok harus bekerja dan masuk sekolah," kata Euis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com