Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Temukan Hati Hewan Kurban Mengandung Cacing

Kompas.com - 04/10/2014, 13:48 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Tim monitoring hewan kurban dari Dinas Pertanian Kota Kediri, Jawa Timur, menemukan hati hewan kurban mengandung penyakit cacing hati, Sabtu (4/10/2014). Hati tersebut kemudian diamankan agar tidak membahayakan manusia.

Temuan tersebut terungkap saat petugas melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban dalam penyembelihan yang berlangsung di Masjid Baiturahman. Dari beberapa sapi dan kambing yang disembelih, ada satu organ hati sapi yang mengandung cacing.

Pujiono, salah seorang petugas monitoring mengatakan, organ hati itu masih dapat dikonsumsi asal dibersihkan yaitu dengan cara membuang bagian yang ada cacingnya. Hal itu perlu dilakukan karena dapat membahayakan kesehatan manusia jika dikonsumsi.

Dari pembedahan terhadap organ hati itu, petugas mendapati cacing sudah menggerogoti hampir 80 persen hati sehingga petugas membuang bagian yang terserang cacing itu.

"Setelah diperiksa, 80 persen bagian hatinya sudah rusak lalu kita afkir atau kita buang," kata Pujiono pada Kompas.com.

Pujiono menambahkan, dalam pemeriksaan hari pertama pada masjid yang melakukan penyembelihan, pihaknya telah mengecek sebanyak 14 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Dari total jumlah itu adanya organ hati yang mengandung cacing adalah satu-satunya temuan.

Memilih hewan kurban yang baik, pengawasan organ bagian dalam hewan ternak cenderung lebih sulit dari pengawasan fisiknya karena baru dapat diketahui setelah hewan tersebut disembelih. Dia berharap masyarakat waspada dan jangan mengkonsumsi bagian organ yang tidak sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com