Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banser Akan Ikut Amankan Shalat Idul Adha Warga Muhammadiyah

Kompas.com - 03/10/2014, 19:37 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com – Sedikitnya 150 personel dari Barisan Ansor Serbaguna (Banser) akan diterjunkan di beberapa lokasi shalat Idul Adha warga Muhammadiyah di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (4/10/2014) besok. Mereka akan membantu demi kelancaran perayaan hari raya kurban tersebut.

Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Magelang, Chabibullah, mengatakan bahwa keterlibatan Banser tersebut sebagai upaya untuk menciptakan suasana kondusif dan ukhuwah islamiyah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Setiap hari raya Natal kami juga ikut mengamankan gereja ataupun prosesi ibadah umat Kristiani," ucap Chabib, Jumat (3/10/2014).

Karena itu, Chabibullah berharap keterlibatan para anggota Banser tersebut bisa turut menciptakan suasana aman dan nyaman dalam pelaksanaan shalat Id. Selain itu, penjagaan itu bisa semakin memperkuat persaudaraan antarumat.

“Pola komunikasi dan saling membantu antar-umat beragama dan inter-agama ini sudah menjadi tradisi di Ansor dan Banser. Hal tersebut menjadi bangunan sosial dan kerelawanan anggota Banser," sambung Chabib lagi.

Dia menyebutkan, para anggota Banser tersebut akan ditempatkan di sejumlah titik lokasi shalat Id warga Muhammadiyah di wilayah Kabupaten Mageang, antara lain di lapangan Pasturan Kecamatan Muntilan, lapangan Blondo Kecamatan Mungkid, lapangan Jetak Blabak, dan lapangan Kecamatan Salaman serta beberapa lokasi di Kecamatan Mertoyudan, dan Tempuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com