Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Warga Tiongkok Diamankan saat Kongkow di Mal Malang

Kompas.com - 01/10/2014, 21:57 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 13 warga Tiongkok diamankan Kantor Imigrasi Kelas I Malang, Jawa Timur, Rabu (1/10/2014). Mereka diciduk saat kongkow di Mal Olympic Garden (MOG), Kota Malang.

"Kita mengetahui keberadaannya setelah mendapat laporan masyarakat. Lalu, kita selidiki dan berhasil mengamankan mereka di MOG," jelas Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Malang, Romi Yudianto, Rabu (1/10/2014) malam.

Menurut Romi, belasan warga asing itu berangkat dari Surabaya dengan menumpang dua mobil Kijang Innova dengan pelat nomor polisi luar kota Malang. Hingga kini, kantor Imigrasi Malang masih memeriksa dokumen keimigrasian mereka.

Pihak Imigrasi, lanjut Romi, memiliki kewajiban untuk memantau keberadaan warga asing, apakah dilengkapi dokumen tinggal atau tidak.

"Itu bagian dari pengawasan. Kini belum bisa diketahui apakah dokumen mereka lengkap atau tidak," katanya.

Kata Romi, 13 warga China itu mengaku berkunjung ke Malang untuk berlibur. "Pengakuannya untuk berwisata ke Malang. Tapi mereka datang ke mal dan tidak membawa dokumen," katanya.

"Di Malang sudah dua hari. Kalau memang berwisata harus disertakan izin tinggal atau Kitas yang jelas," tegas Romi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com