Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Akan Dirikan Masjid Terapung dengan Arsitek Ridwan Kamil

Kompas.com - 01/10/2014, 18:52 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com
 - Ke depan, Jawa Barat akan mempunyai masjid terapung di tengah-tengah danau yang letaknya di Kota Bandung, tepatnya, di kawasan Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar di Bandung, Rabu (1/10/2014). 

"Kita berencana membuat masjid di tengah-tengah danau. Nanti di sana (bangunan masjid) dibuat danau buatan, biar kelihatan indah dan nyaman," kata Deddy. 

Deddy mengatakan, pembangunan masjid terapung itu akan dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung. 

"Karena kan yang desainnya Emil (panggilan akrab Ridwan Kami, wali Kota Bandung)," kata Deddy. 

Sebelumnya, ketika dikonfirmasi terpisah, Emil membenarkan hal tersebut. "Ya, Pak Gubernur mau bikin masjid terapung bareng saya di Gedebage," kata Emil. 

Deddy menambahkan, pembangunan masjid terapung itu merupakan salah satu program pembangunan dan perbaikan infrastruktur di Jawa Barat. Selain di Bandung, kata Deddy, rencananya, pembangunan masjid seperti itu akan dilakukan di kabupaten/kota di Jawa Barat di lahan milik pemerintah provinsi. 

"Sekarang sedang bangun banyak tuh, jalan, bandara, bangun gedung, bangun gedung kesenian, itu dunia melulu, makanya sebagai penyeimbang kita bangun masjid," kata Deddy. 

Ketika ditanya soal anggaran untuk membangun masjid terapung, Deddy mengaku belum merincinya, dan waktu pembangunannya pun belum ditetapkan.

RIDWAN KAMIL Desain masjid terapung yang akan dibangun di Gedebage, Bandung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com