Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Makan Kambing, Warga Heboh

Kompas.com - 01/10/2014, 14:54 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Ular jenis reticulated phyton (sanca kembang) dengan panjang 3,5 meter menghebohkan warga di Desa/Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ular dengan berat 20,3 kilogram itu keluar dari hutan dan memakan anak kambing yang baru berumur 4,5 bulan.

Keberadaan ular itu pun menjadi tontonan ratusan warga. Ular tersebut ditemukan warga di bawah kandang kambing milik seorang warga di Dusun Klakah, Desa Sumbermacing Wetan, Kecamatan Sumbermacing Wetan, Kabupaten Malang, pada Senin lalu, sekitar pukul 14.00 WIB.

"Ular itu ditemukan pemilik kandang kambing," kata Hareivias Yudhis Thyra (25), Kepala Bagian Sosialisasi Xenovois Komunitas Pencinta Satwa (X Kompas) Kabupaten Malang, Selasa (1/10/2014).

Menurut pria yang akrab disapa Yudhis itu, ular tersebut keluar dari Hutan Sumbermacing Wetan. "Desa setempat dekat dengan hutan. Ada anak kambing di kandang langsung dimakan. Habis makan, tak bisa lari, tetap ada di bawah kandang kambing itu," kata dia.

Setelah diketahui ular itu memakan anak kambing, pemilik kandang langsung meminta pertolong pihak pencinta satwa. "Pak Joko Susilo yang dipanggilnya, lalu menghubungi teman-teman. Langsung kita ke lokasi. Pada Senin sore, kita amankan dan ditaruh di sini," kata dia lagi.

Sejak  saat itu, ular yang perutnya tetap terlihat besar, karena berisi anak kambing, sudah ada di rumah Yudhis, tepatnya di Jalan Letjen S Parman, Dusun Gondanglegi, Desa Gondanglegi, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Saat dibawa ke rumah Yudhis, ular itu pun kembali menghebohkan warga setempat. Ratusan warga sekitar berdatangan untuk melihat keberadaan ular tersebut. "Sejak kemarin, ratusan warga terus berdatangan untuk melihat ular itu. Ada yang foto-foto dengan ular itu," kata dia.

Kondisi perut ular terlihat masih membesar. "Supaya tidak membahayakan, mulutnya kita plakban. Anak kambingnya masih utuh di dalam perutnya. Beberapa hari ke depan, akan kita lepas ke hutan asal ular itu tinggal. Setelah terlihat kurus nantinya," kata dia.

Menurut Yudhis, ular tersebut diperkirakan sudah berumur 7 tahun lebih. "Kita baru kali ini mengurusi temuan ular. Sebenarnya, kita mengurusi semua satwa karena anggota kita ada 25 orang. Hidup ular itu memang liar di hutan. Nanti akan kita lepas di Hutan Bajulmati," kata dia.

Sementara itu, Ahmad Rizqi, yang mengajak istri dan kedua anaknya melihat langsung keberadaan ular itu, mendengar informasi dari tetangganya jika ada ular makan kambing. "Penasaran kita melihat ke sini. Anak dan istri minta foto bersama ular itu," aku warga Desa Gondanglegi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com