Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Pembangkit Listrik Alami Gangguan, Sebagian Jateng Gelap

Kompas.com - 30/09/2014, 19:54 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Sebagian kota di Jawa Tengah, Selasa (30/9/2014) malam mengalami pemadaman secara mendadak. Berdasarkan pantauan Kompas.com, wilayah yang mengalami black out itu antara lain Ungaran, Salatiga dan sebagian kota Semarang.

Para pengendara di jalan raya harus meningkatkan kewaspadaan lantaran sejumlah lampu lalu lintas juga ikut mati.

Saat dihubungi Kompas.com, Deputi Manajer Humas PT PLN Distribusi Jateng-DIY, Supriyono membenarkan telah terjadi pemadaman di sebagian wilayah di Jawa Tengah. Seperti di timur Semarang, Ungaran, bahkan sebagian wilayah Solo dan Yogyakarta juga terkena pemadaman.

Pemadaman dilakukan karena sejumlah pembangkit di Jawa Tengah, antara lain di Tambak Lorok, Semarang dan Rembang mengalami gangguan.

"Di pembangkit Tambak Lorok, Semarang, blok dua ada gangguan. Pada waktu yang sama pembangkit Rembang juga mengalami gangguan," kata Supriyono melalui sambungan telepon.

Gangguan di kedua pembangkit tersebut juga berimbas pada pembangkit di Tanjungjati, Jepara. Sementara di bagian lain, ungkap Supriyono, gardu induk di Pedan, Klaten saat ini tengah dalam perbaikan.

"Dari rentetan kejadian tersebut, PLN kehilangan tenaga 500 MWA. Ditambah saat ini dalam beban puncak. Akhirnya kita terpaksa melakukan pemadaman bergilir," ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini petugas PLN di sejumlah pembangkit yang mengalami gangguan tersebut sedang menelusuri penyebab gangguan tersebut sekaligus mengupayakan perbaikan dalam waktu secepatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com