Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi Dompet Saat Wanita Joging, Pelaku Dikeroyok Warga

Kompas.com - 30/09/2014, 11:24 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

GOWA, KOMPAS.com — Seorang pemuda berinisial IR (26), warga Manggarupi, Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menjadi bulan-bulanan warga saat tepergok mencuri dompet dan telepon seluler milik seorang wanita.

Beruntung, pelaku segera diamankan polisi dan langsung digelandang ke Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Gowa untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 17.30 Wita, Senin (29/9/2014) kemarin, bermula saat korban, Sitti Rahmawati, memarkir sepeda motornya di pinggir Lapangan Syech Yusuf Al Makassar.

Dia lantas menyimpan dompet serta telepon selulernya di bawah sadel motornya sebelum joging di lapangan, yang merupakan rutinitasnya setiap sore. Saat itulah, IR mengambil barang korban dengan cara mencungkil sadel motor.

Naas, aksi IR tepergok oleh Mus Jupriono (21), warga Dusun Mattirobaji, Desa Panciro, Kecamatan Barombong. Teman lelaki Rahmawati itu langsung mengejar dan meneriaki IR pencuri.

Puluhan warga yang mendengar teriakan Jupriono langsung mengepung pelaku. Pelaku menjadi bulan-bulanan warga. "Saya perhatikan dia cungkil sadel motornya teman saya. Makanya, saya kejar, kata Jupriono. Sejumlah polisi yang tiba di lokasi langsung mengevakuasi IR yang tengah diamuk massa dan langsung diamankan di Mapolres setempat," kata dia.

Rahmawati mengaku tak percaya bahwa barang miliknya telah berpindah tangan sebelum diberi tahu oleh rekannya. "Setiap sore saya simpan memang di bawah sadel motor," ujar Rahmawati.

Aparat kepolisian yang dikonfirmasi terkait dengan peristiwa ini mengaku masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui apakah IR merupakan sindikat atau beraksi seorang diri. "Pelaku sudah mengakui perbuatannya dan kami masih lakukan penyelidikan jangan sampai pelaku memiliki jaringan dan tidak beraksi sendirian," ujar Aiptu P Malelak, Kepala Unit Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Gowa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com