Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periksa Hewan Kurban, Petugas Temukan Kambing Pilek

Kompas.com - 29/09/2014, 20:34 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai memeriksa kesehatan hewan kurban. Dalam pemeriksaan tersebut, petugas menemukan hewan kurban yang sakit.

"Tadi kita temukan kambing yang berair matanya dan terkena pilek. Kita langsung lakukan tindakan dengan memberi suntikan dan tetes mata," kata Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, H Mutawalli, Senin (29/9/2014).

Selain memeriksa penyakit, petugas juga memeriksa fisik, gigi, dan kulit hewan kurban di beberapa tempat penjualan hewan. Pihaknya mengimbau agar pedagang menghindari pemberian suntik antibiotik pada H-2 dan H-3 Hari Raya Kurban karena dapat menimbulkan penyakit jika dikonsumsi.

Tahun ini, kata Mutawalli, pihaknya akan menurunkan 70 petugas untuk memantau kesehatan hewan kurban di 30 titik pengepul. Petugas juga akan melakukan pemantauan saat pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilaksanakan.

"Pengalaman tahun lalu ada 225 titik pemotongan yang tersebar di masjid dan sekolah, beberapa tempat ini yang akan dipantau saat Lebaran besok," kata Mutawalli.

Mutawalli mengimbau kepada masyarakat untuk memilih hewan kurban secara cermat. Jika ragu, masyarakat dapat menghubungi petugas Dinas Pertanian untuk memeriksa hewan kurban.

"Apakah hewan tersebut sehat dan memenuhi syarat secara syari, kami siap mengirim tim untuk memeriksanya," kata Mutawalli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com