Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekeringan, Petani Biarkan Padi yang Puso Dimakan Sapi dan Kerbau

Kompas.com - 29/09/2014, 19:26 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com - Jika para petani mengeluh karena merugi jutaan rupiah akibat bencana kekeringan yang melanda Pinrang, Sulawesi Selatan sejak tiga bulan terakhir, para peternak sapi dan kerbau sebaliknya. Mereka justru mendapat berkah dari dampak kekeringan itu.

Para peternak seperti mendapatkan pakan ternak "gratis" dari padi yang mengalami puso dan dibiarkan oleh pemiliknya. Seperti yang terjadi di Desa Pangaparang, Lembang, dan Pajalele, Pinrang. Padi puso dibiarkan oleh pemiliknya menjadi santapan sapi. Tak heran para peternak pun kini bebas melepas ternak mereka ke lahan padi milik warga.

“Sudah lebih sebulan sapinya dilepas bebas ke area pesawahan yang puso karena tak diurus lagi oleh pemiliknya. Mungkin mereka tak yakin (padi) akan meghasilkan atau berbuah lagi, makanya ditelantarkan,” ujar Pardi, peternak sapi di di Desa Pajalele.

Kini, para peternak tidak perlu repot-repot mencari pakan ternak karena sudah tersedia di sawah kering yang ditelantarkan.

“Dulu tiap hari repot cari pakan ternak seperti rumput. Tapi sejak dilepas bebas ke lahan milik warga kini tidak lagi repot mencari makanan ternak,” ujar Lili, peternak sapi lainnya di Lembang, Pinrang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com