Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Orang Naik Ontel Keliling Kota Jember

Kompas.com - 28/09/2014, 09:40 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Ribuan orang dari seluruh pelosok negeri yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti), Minggu (28/9/2014), ikut ambil bagian dalam Parade Onthel Nusantara yang digelar Universitas Jember, Jawa Timur. Dengan memakai sepeda tua, ribuan peserta berkeliling kota Jember, menempuh jarak 20 kilometer.

“Kami ingin lebih menyosialisikan kepada masyarakat, bahwa ada moda transportasi darat yakni sepeda yang ramah lingkungan, dan tanpa polusi sehingga mengurangi pencemaran udara,” terang Moch Hasan, rektor Universitas Jember.

Peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut, berasal dari sejumlah kota di dalam dan luar Jawa Timur.

“Ada dari Surabaya, Blitar, Kebumen, Lombok, Solo, Banjar, dan sejumlah kota lain,” ungkap Hasan.

Salah satu peserta Darsono mengaku sangat senang dengan kegiatan tersebut. “Sepeda ini memiliki nilai sejarah, jadi saya sangat salut dengan Unej yang mengadakan kegiatan ini. Karena kegiatan parade ontel ini sama saja dengan melestarikan sejarah bangsa,” katanya.

Peserta lainnya dari Sukoharjo, Udi Suseno, mengaku sudah tiba di Jember sejak Sabtu kemarin. Dia bersama rekan-rekannya sengaja ikut ambil bagian dalam kegiatan Parade Onthel Nusantara, untuk mengenalkan kepada masyarakat agar mereka menggunakan sepeda dalam aktivitas sehari- harinya.

“Kami sering ikut kegiatan seperti ini, dan saya berharap kegiatan ini dipertahankan di masa yang akan datang,” harap Darsono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com