Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kios di Pasar Desa Lereng Merapi Terbakar

Kompas.com - 28/09/2014, 07:35 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Peristiwa kebakaran terjadi di pasar Desa Sawangan di Dusun Mudal Margowangsan, Desa Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Sabtu (27/9/2014) sekitar pukul 23.00 WIB. Setidaknya tiga kios berukuran 4 x 12 meter ludes terbakar.

Informasi yang dihimpun, kios itu selain untuk berjualan kebutuhan rumah tangga juga dipakai untuk tempat tinggal pemiliknya, Agus Riyanto (43) dan keluarganya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam perstiwa itu karena ketika kejadian, Agus tidak berada di kios tetapi sedang bekerja menyortir cabai di dusun tetangga. Sedangkan sang Istri dan tiga anaknya sedang menonton pentas seni di Pondok Gontor Sawangan, tidak jauh dari kios.

"Saya dengar suara ledakan kira-kira tiga kali, semula ledakan itu dikira dari acara pentas seni di Pondok Gontor. Ternyata dari kios, saya lihat api sudah membara di atas kios," ujar Johan Wahyudi, kepala Desa Sawangan, Minggu (28/9/2014) pagi.

Saat itu juga warga berbondong-bondong mendekati lokasi kebakaran yang berjarak sekitar 13 kilometer dari puncak Gunung Merapi itu. Mereka berusaha memadamkan api dengan alat sederhana.

Beruntung, api bisa dipadamkan satu jam kemudian setelah dua unit mobil pemadam kebakaran Kabupaten Magelang tiba ke lokasi. Api juga tidak sempat merembet ke kios-kios lainnya. Kerugian akibat kebakaran itu diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Dugaan sementara, kebakaran diakibatkan oleh arus pendek listrik di kios itu. Namun pihak kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com