Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Seniman Mural Lukisi Kanvas Raksasa dalam 15 Menit

Kompas.com - 27/09/2014, 18:17 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - 50 seniman lukis mural beraksi melukis di kanvas raksasa sebesar 60 meter x 20 meter, Sabtu (27/9/2014). Lukisan bertema "Suro dan Boyo" itu dibuat dalam waktu relatif singkat, hanya 15 menit. Selama rentang waktu itu, dihabiskan 620 kaleng cat semprot.

Dengan diiringi musik gamelan Jawa Timuran, 50 seniman lukis yang tergabung dalam Serikat Mural itu melukis dengan 10 unit alat pengganti kuas, serta 30 pail cat tembok. Kanvas raksasa itu dibentangkan di sisi bangunan apartemen Pavilion Permata Tower 1 di kawasan Jalan Mayjen Sungkono Surabaya.

Lukisan di kanvas raksasa itu menggambarkan kondisi Kota Pahlawan sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta yang mulai penuh dengan bangunan pemukiman, hotel, apartemen, dan perkantoran.

Di sejumlah sisi lukisan terdapat gambar Tugu Pahlawan, serta ikan Sura dan Buaya sebagai lambang Kota Surabaya. Melukis di kanvas seluas hampir 1.200 meter persegi itu digelar dalam acara Topping Off Apartemen Pavilion Permata Tower 1, milik PT PP Properti.

"Melukis di kanvas raksasa ini menyabet penghargaan rekor dunia MURI, dengan piagam nomor 6656/R.MURI/IX/2014," kata Dirut PT PP Properti, Galih Prahananto.

Kata Galih, pelibatan pekerja seni ini untuk menunjukkan bahwa dalam dunia usaha pun, juga dibutuhkan sentuhan seni. "Kami ingin buktikan bahwa dalam dunia usaha juga perlu sentuhan seni agar menggapai kesuksesan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com