Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengesahan RUU Pilkada Pakai "Voting" Dianggap Drama Politik

Kompas.com - 26/09/2014, 19:39 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Bupati Magelang, Zaenal Arifin memberikan pendapat terkait pengesahan rancangan Undang-undang (RUU) Pilkada oleh DPR RI pada Jumat (26/9/2014) dini hari. Zaenal menilai, pengesahan RUU Pilkada, apalagi dengan voting, adalahsebuah drama politik.

“Sebagai orang pemerintahan kita mendukung apa yang menjadi kehendak pusat. Namun, dengan adanya pengesahan RUU Pilkada, apalagi dengan voting ini, jelas sebuah drama politik,” jelasnya, Jumat (26/9/2014).

Sebagai kepala daerah hasil pilkada langsung, Zaenal juga menyayangkan pengesahan tersebut. Sebab, suara rakyat nantinya akan dikalahkan oleh kepentingan politik anggota DPRD. Hal itu dinilainya sama dengan tindakan yang menciderai demokrasi serta memberangus kedaulatan rakyat.

"Demokrasi yang sudah dibangun ini memang ada kelemahan, namun tidak perlu diubah. Justru, sebaiknya diperbaiki sedemikian rupa," katanya.

Zaenal melihat, ada kepentingan politis dalam persoalan negara ketika pengambilan keputusan dilakukan secara voting. Sebab, menurut dia, musyawarah mufakat adalah jalan terbaik ketika memecahkan persoalan negara.

“Musyawarah soal negara kok lewat voting. Saya melihat ada drama dalam pengambilan kebijakan ini. Kalau hanya pembenaran, semua pasti merasa benar. Seharusnya kepentingan warga masyarakat di atas kepentingan segalanya,” tandas Zaenal. (K11-11)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com