Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Belanda Akan Bantu Jernihkan Air Sungai di Bandung

Kompas.com - 22/09/2014, 16:45 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kota Bandung bakal menjalin kerja sama dengan Pemerintah Negara Belanda dalam proyek revitalisasi sungai Cikapundung dalam waktu dekat ini. Menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, untuk mewujudkan hal tersebut, pada hari ini, Senin (22/9/2014), Pemerintah Belanda mengirimkan beberapa delegasinya.

"Pemerintah Belanda bersama delegasinya mengapresiasi keseriusan Kota Bandung dan akan mem-folow up beberapa hal. Yang pertama, proyek jangka pendek adalah eco distrik sungai Cikapundung," ujar Emil di Balai Kota Bandung, Senin siang.

Lebih lanjut Emil menjelaskan, Pemerintah Belanda yang dikatakannya sudah maju dalam pengelolaan air, akan membantu menjernihkan air sungai Cikapundung yang melintas di samping Gedung Merdeka. Selain itu, akan dibuat juga pembangkit listrik tenaga air di lokasi tersebut.

"Yang pertama adalah penataan kawasan Cikapundung. Sekarang lagi digambar," akunya.

Emil berharap, dengan bantuan dari Belanda tersebut bisa mempercepat sungai Cikapundung menjadi jernih di tahun 2015 mendatang.

Sebelumnya, dia juga pernah mengatakan bahwa penataan sungai Cikapundung akan rampung sebelum peringatan konferensi Asia-Afrika di tahun 2015.

"Ditargetkan April 2015 proyek pertamanya sudah bisa mulai secara fisik," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com