Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Disebut Plagiat, Tulisan "Love" di Atas Monumen Gembok Cinta Diganti

Kompas.com - 22/09/2014, 16:26 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Tulisan "Love" berwarna merah yang bertengger di atas monumen dan instalasi "Gembok Cinta" di Taman Balai Kota Bandung ternyata sudah menjadi ikon di tempat lain.

Agar tidak ada masalah ke depannya, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil pun meminta kepada kontraktor agar tulisan tersebut diganti model hurufnya. Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, desain tulisan "Love" tersebut diganti agar tidak ada masalah hak cipta ke depannya.

"Arahan dari saya kata 'Love' itu silakan cari di intenet. Saya juga baru tahu (kalau tulisan itu sudah ada), mungkin masih ada hak cipta. Daripada berkembang terlalu jauh, mending ganti aja desainnya," kata Emil di Balai Kota Bandung, Senin (22/9/2014).

Untuk beberapa hari ini, warga Kota Bandung belum bisa menggantungkan gembok perlambang rasa cinta terhadap pasangan di instalasi tersebut. Pasalnya, bangunan berbentuk prisma yang terbuat dari besi dan kawat ram tersebut ditutup dengan kain berwarna kuning.

"Ya, itu karena ketidaktahuan dari tim konstruksinya. Sudah saya tegur, karena tidak mau panjang lebar ganti aja," ucapnya.

Selain itu, Emil juga meminta kepada kontraktor untuk lebih memperkokoh konstruksi bangunan yang digadang-gadang menjadi salah satu ikon di Kota Bandung tersebut.

"Kebetulan dudukannya juga mau ditambahin biar enggak reyot. Dibuka lagi dalam dua atau tiga hari ke depan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com