Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Rasa Digelar di Kabupaten Terkorup di Jawa Tengah

Kompas.com - 22/09/2014, 12:58 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Sekitar 100 orang yang mengaku dari LSM Satria, Kendal, Jawa Tengah, melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Kendal di Jalan Sukarno-Hatta, Senin (22/9/2014).

Mereka mendesak Bupati Kendal Widya Kandi Susanti, mencopot oknum pejabat yang terlibat dalam kasus korupsi. Selanjutnya secara detail mereka menyebutkan nama-nama dan jabatan dari para pejabat yang mereka tuduh melakukan korupsi.

“Hasil laporan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) semester I 2013, Kendal merupakan kabupaten terkorup di Jawa Tengah, sebanyak Rp 204,6 miliar,” kata koordinator aksi, April Rudiyanto.

Selain menyangkut korupsi, pendemo juga meminta Bupati Widya memperbaiki jalan-jalan yang rusak. Apabila tidak diperbaiki, maka jalan-jalan yang berlubang itu, akan ditanami pohon pisang.

“Saya juga berharap agar aparat penegak hukum pro aktif untuk segera mengusut tuntas dan menangkap para terduga pelaku tindak pidana korupsi di seluruh Kendal, sesuai undang-undang yang berlaku,” kata April.

Menanggapi demo ini, dihubungi terpisah, Widya Kandi, mengaku telah menganggarkan Dana Rp 200 miliar untuk perbaikan jalan. Widya pun meminta agar masyarakat bersabar. “Hingga tahun 2015 nanti, jalan-jalan Kabupaten Kendal akan terus diperbaiki,” kata dia.

Sedangkan untuk para pejabat yang diduga telah menyalahgunakan jabatannya, Widya berjanji akan memintai keterangan dari para pejabat tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com