Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapan Aher kepada Jokowi-JK soal Nasib Sungai di Indonesia

Kompas.com - 21/09/2014, 21:14 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menaruh harapan kepada pemerintahan baru, di bawah kepemimpinan Jowo Widodo-Jusuf Kalla. Aher, sapaan Ahmad Heryawan berharap Jokowi-JK memberikan perhatian terhadap program pembersihan sungai-sungai panjang di Indonesia, salahsatunya Citarum yang kini berpredikat sungai terpolusi di dunia.

"Ya, tentu kami punya harapan kepada pemerintahan yang baru (Jokowi-JK) soal sungai-sungai yang ada di Indonesia, terutama sungai Citarum yang ada di Jawa Barat," kata Aher di Bandung, Jawa Barat, Minggu, (21/9/2014).

Ketika nanti Menteri Lingkungan Hidup sudah dilantik, Aher berharap Pemerintah Pusat lebih memperhatikan program kelestarian dan kebersihan sungai. "Jadi, program pembersihan sungai itu bukan hanya menjadi target provinsi saja, tetapi juga harus menjadi target nasional," ujar Aher.

Nantinya, kata Aher, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup memerintahkan kepada masing-masing provinsi untuk lebih fokus memikirkan penanganan sungai di wilayah mereka.

"Ya, mungkin bisa dalam rangka menciptakan sungai bersih di Indonesia atau dalam rangka Sungai Citarum bersih, itu harus menjadi fokus masing-masing provinsi," katanya berharap.

Kata dia, Indonesia memiliki sejumlah sungai besar, antara lain Ciliwung, Citarum, dan Bengawan Solo. Lebih lanjut Aher mengatakan, seandainya ada dua sungai yang permasalahannya berhasil diatasi atau dibersihkan, itu bisa dijadikan contoh untuk sungai lainnya.

"Ini prestasi betul (bagi pemerintah pusat dan pemerintah provinsi yang terkait) kalau sampai bisa melakukan, membangun, mewujudkan bersihnya sungai, termasuk Sungai Citarum," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com