Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan UMKM Meriahkan Pasar Rakyat di Rakernas PDI Perjuangan

Kompas.com - 19/09/2014, 23:21 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com - Puluhan stand UMKM yang disiapkan pada acara Rakernas IV PDI Perjuangan di Marina Convention Center Semarang. Acara digelar pada Jumat (19/9/2014) hingga Minggu (21/9/2014). Stand UMKM itu menjual pernak pernik mulai dari baju, kaos, batik, handycraf serta sejumlah barang lainnya.

"Awalnya kami siapkan 72 stand, ternyata sudah full dan ditambah lagi sekitar 40 dari Jakarta. Jadi ada sekitar 100 yang ikut berpartisipasi,"ujar Ketua Seksi Bazar Rakernas IV PDI Perjuangan Maria Tri Mangesti.

Ia mengaku kewalahan karena banyaknya UMKM yang ingin mengisi stand. Para pelaku UMKM itu pun merayu panitia agar diberi tempat dengan mengatakan sebagai pendukung Jokowi.

"Mereka bilang kan bu kami kan pendukung Jokowi, gitu, jadi pada merayu dan antusiasmenya memang luar biasa, jadi ya kita siapkan tempat agar bisa tertampung semua,"tambahnya.

Ia mengatakan UMKM ini berasal dari sejumlah daerah di Jawa Tengah terutama yang kepala daerahnya dari PDI Perjuangan. Selain itu juga dari UMKM binaan partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Adanya bazar atau pasar rakyat itu ungkapnya memang sudah biasa dilakukan pada Rakernas, namun kali ini hanya lebih ditata agar lebih rapi dan menarik. Ia mengatakan keberadaan UMKM itu bisa memberikan warna tersendiri bagi peserta Rakernas yang hadir dari seluruh Indonesia.

Tema rakernas kali ini yakni "Berjuang Untuk Kesejahteraan Rakyat" dengan sub tema "Mengisi Tahun Kemenangan Dengan Jalan Trisakti". Lebih dari 1500 kader hadir pada acara itu. Sedangkan ratusan simpatisan juga terlihat memenuhi berbagai tempat di luar ruang acara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com