Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Najwa Penderita Tumor Mata Akan Dibawa ke Surabaya untuk Operasi

Kompas.com - 19/09/2014, 21:46 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Najwa Azzahra Putri Lesmana, bayi berusia 9 bulan penderita kanker mata akhirnya mempunyai harapan untuk segera dioperasi setelah Rumah Sakit Umum Blambangan berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan Bayuwangi dan Dinas Kesehatan Banyuwangi. Hal tersebut diungkapkan Direktur RSUD Blambangan, Taufik Hidayat kepada Kompas.com, Jumat (19/9/2014).

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan rumah sakit Dokter Sutomo Surabaya agar bayi Najwa segera dioperasi. Untuk biaya sudah ditanggung oleh BPJS. Ambulans yang mengantar juga sudah siap. Proses administrasi sudah kami bantu untuk dilengkapi," jelasnya, Jumat.

Namun untuk kepastian operasi tumor di mata sebelah kanan Najwa, masih belum ditentukan karena melihat kondisi bayi tersebut, sudah siap atau belum untuk dioperasi.

"Nanti operasi akan dilakukan oleh tim dokter yang tentunya akan melibatkan banyak dokter," tambahnya.

Ia mengatakan, pihak RSU Blambangan akan mendampingi bayi Najwa ke Surabaya. "Semoga Senin depan sudah bisa berangkat, nanti di sana Najwa dan keluarganya bisa tinggal di rumah singgah yayasan kanker," pungkasnya.

Sementara itu, Gerakan #savematanajwa Derita Najwa di sosial media mengundang simpati banyak orang. Secara sukarela mereka memberikan bantuan dana kepada bayi Najwa.

"Kami sengaja menggalang dana untuk Bayi Najwa secara spontanitas di kampus. Semoga bisa membantu keluarga Najwa," jelas Sofari, salah satu mahasiswa Banyuwangi yang menggalang dana untuk Najwa.

Ia mengaku gerakan tersebut diharapkan bisa menggugah kesadaran masyarakat agar lebih peduli pada orang-orang di sekitaranya. "Siapa tahu di sekitar kita ada najwa-najwa lain yang masih belum terbantu," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pemilik akun Facebook, Pratiwi Ws membagikan foto Najwa dengan keterangan akan menggalang bantuan di Taman Victoria, Hongkong.

"Jika berkenan minggu besok saya dan teman saya akan menggelar penggalangan dana melalui live sketch perdana di taman victoria. seluruh hasil dari sketsa akan disumbangkan kepada adik najwa untuk membantu biaya operasi matanya. So my dear friends, i hope we can together to try ?#?savematanajwa? thanks for your attention," tulis Pratiwi.

Saat di hubungi via media sosial, kepada Kompas.com Pratiwi yang asli dari Banyuwangi tersebut mengatakan, hasil pengumpulan dana akan dikirimkan ke Najwa melalu rekening ayah Najwa. "Ini bentuk kepedulian para tenaga kerja di luar negeri untuk Najwa," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com