Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kolaka, Tiap Calon Jemaah Haji Subsidi Rp 1,7 Juta

Kompas.com - 19/09/2014, 07:58 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Jika kita mendengar sebagian besar daerah di Indonesia memberikan subsidi kepada para calon jemaah haji yang akan berangkat ke Mekkah, maka di Kolaka hal tersebut juga terjadi.

Di Kolaka, pemerintah daerah menggelontorkan dana subsidi haji Rp 1.701.800 per orang. Sementara untuk Kabupaten Kolaka terdapat 400 lebih calon jemaah haji. Subsidi untuk para calon jemaah haji ini naik jika dibandingkan subsidi haji tahun lalu yang sebesar Rp 1 juta per orang.

Wakil Bupati Kolaka yang sekaligus Ketua Penyelenggaraan Haji Kabupaten Kolaka, Muhammad Jayadin, menjelaskan penambahan subsidi tersebut telah mendapat persetujuan dari segala pihak, termasuk DPRD Kolaka.

“Jadi berkat kerja keras dari segala pihak, yaitu Pemda Kolaka, Kemenag dan teman-teman di DPRD. Jadi kami juga sangat senang bisa menambah subsidi bagi mereka,” kata Jayadin, Jumat, (19/9/2014).

Jayadin juga menjelaskan, untuk calon jemaah haji dari Kabupaten Kolaka Timur yang masuk dalam kloter Kolaka, yaitu kloter 22 dan 24 tidak diberikan subsidi. "Jadi memang yang kita berikan subsidi itu hanya jemaah haji dari Kabupaten Kolaka, kalau dari Kolaka Timur tidak ada subsidi. Jadi mereka harus bayar full ongkos perjalanan sebesar Rp 3.425.000,” tegas dia.

Salah satu calon jemaah haji, Ami, mengaku sangat merasa terbantu dengan subsidi yang terbilang besar itu. “Sangat senang Pak, bisa dapat subsidi kami berterima kasih sama pemerintah daerah atas bantuan subsidi perjalanannya ini,” kata Ami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com