Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekeringan, Warga Harus Tempuh 7 Kilometer demi Air Bersih

Kompas.com - 18/09/2014, 13:31 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Memasuki pertengahan bulan September 2014, dari 24 kecamatan ada 11 kecamatan di Kabupaten Banyuwangi mengalami krisis air bersih.

Menurut Eko Suprapto, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Kamis (18/9/2014), 11 kecamatan tersebut adalah Wongsorejo, Kalipuro, Muncar, Genteng, Srono, Tegaldlimo, Purwoharjo, Pesanggrahan, Bangorejo, Tegalsari, dan Gambiran.

"Yang sudah sangat darurat adalah Tegaldlimo dan Bangorejo. Di Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo itu ada warga yang harus berjalan tujuh kilometer ke sumber mata air bersih untuk mendapatkan ai bersih," kata Eko.

Sedangkan empat desa di Kecamatan Tegaldlimo yakni Kedungasri, Kedungwungu, Kendalrewjo, dan Wringin Pitu warga harus menempuh jarak 5 kilometer untuk mengambil air di sumur bor yang masih mengeluarkan air bersih.

"Saat ini setiap tiga hari sekali kami drop dua sampai tiga truk tangki air bersih. Itu pun masih belum cukup bagi mereka," kata dia.

Rencananya, pihak BPBD Banyuwangi membuat sumur bor di dua kecamatan tersebut, namun masih terkendala dana dari pusat yang belum juga turun. "Ada dua titik sumber mata air yang sudah ditentukan melalui analisa geolistik dari tim ahli. Tapi belum juga terealisasi. Yang sudah teralisasi di Desa Alas Rejo dan Sumber Unggu Kecamatan Wongsorejo. Tapi yang masih droping air bersih," kata dia.

Eko berharap dana dari pusat maupun dana dari APBD untuk kondisi tanggap darurat bisa segera turun, sehingga pembuatan sumur bor segera teralisasi. "Kondisi kekeringan seperti ini seperi surat yang diterima dari BMKG kemungkinan berlangung hingga November mendatang," kata Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com