Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Jabatan SBY, TNI Akan Unjuk Kekuatan Besar-besaran

Kompas.com - 17/09/2014, 22:31 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Jajaran Kementerian Pertahanan dan TNI berencana akan unjuk kekuatan besar-besaran (show of force) menjelang akhir masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Surabaya, Jawa Timur, pada 7 Oktober 2014 mendatang.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengungkapkan, sejauh ini pihaknya telah melakukan beberapa penambahan alutsista, seperti tank Leopard hingga penambahan 200 pesawat tempur.

"Kita akan tampilkan seluruh kekuatan kita secara besar-besaran. Ini parade pemerintahan Pak SBY yang terakhir, sekaligus sebagai peringatan HUT Ke-69 TNI," ungkap Purnomo seusai kunjungan ke SMA Taruna Nusantara, Kabupaten Magelang, Rabu (17/9/2014) sore.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode 2000-2009 itu menjelaskan, persiapan untuk acara itu sudah ditangani oleh panitia yang berasal dari Kementerian Pertahanan dan TNI.

Terkait akan adanya penampilan pesawat tempur, ia menjamin penerbangan komersial tidak akan terganggu.

"Kita pastikan penerbangan komersial tidak akan terganggu dengan aksi penerbangan pesawat tempur," ujar Purnomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com