Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Ton Bahan Baku Kertas Terbakar, Diduga Gara-gara Puntung Rokok

Kompas.com - 17/09/2014, 12:53 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Ratusan ton bahan baku untuk kertas, milik PT Ekamas Fortuna, yang berlokasi di Desa Ganpingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Jawa Timur terbakar. Kebakaran terjadi diduga akibat puntung rokok yang dibuang ke tumpukan kardus, bahan baku kertas yang di impor dari Singapura.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 08.30 WIB, Rabu (17/9/2014). Dari pantauan Kompas.com di lokasi kejadian, kebakaran terjadi di depan converting bulding, Gedung C, PT Ekamas Fortuna.

Ada empat mobil pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api, dibantu tim dari PMI Kabupaten Malang, dan puluhan warga sekitar pabrik. Bahan baku tersebut terdiri dari kardus.

Hingga pukul 12.00 WIB, si jago merah belum berhasil dipadamkan. Dari pihak PT Ekamas Fortuna pun masih belum bisa memberikan keterangan kepada awak media. Sementara menurut pengakuan Muhammad Ridwan, seorang penjaga keamanan lahan PT Ekamas Fortuna, tumpukan bahan baku tersebut sudah tiga bulan didiamkan.

"Penyebab pastinya kebakaran belum diketahui. Tapi saya menduga akibat puntung rokok yang dibuang ke tumpukan bahan baku itu. Saya melihatnya sudah ada asap dari tumpukan kardus itu. Lalu saya laporkan ke atasan," kata dia.

Sementara, menurut keterangan Nur Wijayanto, yang mengetahui pertama kali terjadinya kebakaran, api memang berasal dari dari tumpukan kardus tersebut. Tumpukan kardus setinggi enam meter dengan panjang 100 meter.

Menurut Nur, awalnya ada truk bernopol N 8086 UJ, yang sudah tidak ada sopirnya. "Tiba-tiba truk itu mundur menabrak truk bernopol N 9993 G. Akibat ditabrak, truk dibelakangnya yang memuat kardus terguling dan muatannya jatuh," kata dia.

Saat kardus yang dimuat truk tersebut tumpah, ikut tersambar api yang tak jauh dari truk itu. "Truk itu mundur karena jalanan turun. Ada dua truk yang ikut terbakar," kata dia.

Akibat kebakaran tersebut, diketahui ada seorang karyawan yang pingsan terkena asap. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com