Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janji Ridwan Kamil untuk Tahun 2015, dari Taman sampai Monorel

Kompas.com - 16/09/2014, 13:04 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Ridwan Kamil dan Oded Danial genap satu tahun menjabat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Selasa (16/9/2014). Di tahun keduanya memimpin Kota Kembang, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, memiliki target menyelesaikan sejumlah program pembangunan baik fisik maupun nonfisik.

Secara fisik, pada tahun 2015 mendatang, Emil berjanji akan menyelesaikan pembangunan dan revitalisasi 4 pasar tradisional menjadi pasar tematik dan modern. Empat pasar tersebut adalah pasar Sukajadi, Cijerah, Kosambi dan Cicadas.

"Tahun 2015 monorel akan ground breaking. (Prototipe) Cable Car juga bisa dipakai," lanjut Emil di Bandung, Selasa (16/9/2014).

Emil pun mengaku akan lebih banyak membangun taman-taman di Kota Bandung. Setelah meluncurkan Taman Film Bandung pada Minggu (14/9/2014) kemarin, bakal ada sejumlah taman tematik lainnya di Kota Bandung pada tahun 2015.

"Tahun 2015 akan kita tambah 10 taman. Ada juga danau-danau kecil anti banjir di 4 lokasi," ujarnya.

Target fisik lainnya yang dijanjikan selesai pada tahun 2015 adalah empat sekolah di empat lokasi, perluasan bandara Husein Sastranegara, granitisasi pedestrian di dua lokasi, dan pembangunan stadion akuatik di komplek SOR Gedebage.

"Dalam kecengan (incaran) tahun 2015 Skywalk selesai," tambahnya.

Kemudian, Emil juga menjanjikan bus wisata Bandros akan beroperasi di tiga rute, 100 bus Damri baru menggantikan bus-bus lama dan peluncuran bus sekolah serta revitalisasi sungai Cikapundung yang dijadwalkan rampung sebelum peringatan Konferensi Asia Afrika.

"Sisanya kita lakukan perbaikan non-fisik," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com