Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Urine Mendadak, Dua Polisi Terbukti Positif Narkoba

Kompas.com - 15/09/2014, 19:12 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com
 — Polrestabes Surabaya menggelar tes urine mendadak bagi ratusan anggotanya, Senin (15/9/2014). Dari tes urine tersebut, dua polisi berpangkat bintara terbukti positif menggunakan narkoba.

Satu anggota polisi terindikasi sebagai pengguna sabu, sementara satu lagi sebagai pengguna ekstasi. Namun, identitas dua anggota polisi tersebut disembunyikan karena kasus ini masih didalami.

"Yang pasti pangkatnya bintara, satu dari Polrestabes (Surabaya), satu lagi dari polsek jajaran," kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Polisi Setija Junianta, Senin (15/9/2014) sore.

Tes urine tersebut sengaja dilakukan mendadak seusai apel pagi rutin agar tidak ada kesiapan dari anggota untuk menghindar atau mempersiapkan diri.

"Hari ini ada 450 yang sudah dites dari total 3.545 polisi di seluruh jajaran. Sisanya pasti juga akan dites, tetapi waktunya dirahasiakan," ujarnya.

Sanksi yang diberikan kepada dua anggota tersebut akan ditentukan hingga hasil tes uji laboratorium resmi dibuktikan secara medis. Tes urine tersebut diadakan sebagai upaya introspeksi pihak kepolisian selaku penegak hukum bahwa mereka harus bebas dan tidak boleh terjerumus ke dalam jurang narkoba.

"Kami tidak kebal hukum. Yang terbukti melanggar harus diproses secara hukum," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com