Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Slamet Alami Tujuh Kali Gempa Letusan

Kompas.com - 12/09/2014, 15:45 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet (PPGA), Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, terus mengamati dan melaporkan aktivitas vulkanik Gunung Slamet setiap enam jam.

Dalam laporan hari ini, Jumat (12/9/2014), mulai pukul 06.00-12.00 WIB, Gunung Slamet masih berstatus siaga dengan kondisi visual cuaca yang terang.

"Laporan harian kami tanggal 12 September 2014 jam 06.00-12.00 WIB cuacanya terang. Angin juga tenang tidak terhalang kabut," kata Kepala PPGA Gunung Slamet, Sudrajat, saat dihubungi Kompas.com dari Kota Semarang, Jumat.

Selain itu, lanjut Sudrajat, Gunung Slamet terpantau mengembuskan asap putih tipis setinggi 200 meter, mengalami tiga kali letusan abu berwarna kehitaman dengan ketinggian sekitar 1.000 meter, dan mengeluarkan tujuh kali suara dentuman kuat.

"Dari sisi kegempaan, terekam tujuh kali gempa letusan dan 104 kali gempa embusan," ujar Sudrajat.

Pada kesimpulannya, kegiatan kegempaan Gunung Slamet masih dalam status Siaga. "Statusnya masih Siaga," cetus dia.

Sebelumnya, pada Kamis kemarin, telah terjadi lontaran material/lava pijar dengan jarak luncur 1.300 meter. Akibat hal tersebut, hutan savana di sekitar puncak Gunung Slamet terbakar di dua titik, yakni kawasan sebelah timur dan barat laut. Meski begitu, aktivitas masyarakat sekitar Gunung Slamet tetap berjalan normal dan belum perlu ada pengungsian, tetapi diimbau untuk tetap siaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com