Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Australia Tewas Saat Berselancar di Pantai Surga

Kompas.com - 05/09/2014, 19:06 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Moase Geoffre Robert (48), wisatawan asal Australia, tewas ketika sedang berselancar di Pantai Surga, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Jerowaru Ipda Arif Budiman, ketika dihubungi dari Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (5/9/2014), membenarkan peristiwa yang menimpa wisatawan asing tersebut.

"Wisatawan itu ditemukan terapung di tengah laut atau sekitar 100 meter dari bibir pantai sekitar pukul 9.30 Wita. Yang pertama kali melihat nelayan yang sedang mencari ikan menggunakan perahu," katanya.

Dari keterangan sejumlah wisatawan di lokasi kejadian, kata dia, korban diduga dalam kondisi kurang sehat, namun memaksakan diri untuk berselancar.

Sejumlah rekan korban duduk sambil memantau dari pinggir pantai. Namun, selang beberapa saat mereka mendengar nelayan meminta tolong setelah melihat sosok wisatawan mengapung di perairan laut.

Rekan-rekan korban kemudian berenang untuk memberikan pertolongan menggunakan perahu nelayan yang memberikan informasi.

"Sampai di daratan korban sempat diberikan pertolongan berupa napas buatan, kemudian dilarikan ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Jerowaru. Namun, sampai di sana korban sudah dalam keadaan meninggal dunia," ujarnya.

Dari keterangan petugas medis Puskesmas Jerowaru, kata Arif, korban diduga kuat meninggal dunia karena tenggelam.

"Tidak ada tanda-tanda luka di tubuh korban. Jadi dugaan kami korban meninggal karena tenggelam," ujarnya.

Jenazah warga Australia itu saat ini disemayamkan di ruang jenazah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selong, Kabupaten Lombok Timur, sambil menunggu pihak keluarga untuk menjemputnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com