Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Yogyakarta Ini 2.433 Kali Terjun dari Langit

Kompas.com - 05/09/2014, 02:58 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ada momen lain yang menarik perhatian dari acara serah terima jabatan komandan Pangkalan Udara Adisutjipto, Kamis (4/9/2014), Yogyakarta. Momen tersebut adalah aksi terjun payung, yang salah satunya dilakukan oleh perempuan.

Kapten Kes Agus Riyanti (45) adalah penerjun perempuan, yang melakukan atraksi bersama dua penerjun lelaki. Sejak bergabung dengan TNI Angkatan Udara pada 1991, dia sudah 2.433 kali melakukan penerjunan.

"Kekhawatiran memang ada, apalagi kami bergelut di dunia lain yang (dunia) normalnya dihabiskan di daratan," ujar Riyanti setelah penerjunan. Menjalani profesi dan aktivitas yang tak biasa bagi kaum hawa, dia mengaku mendapat dukungan dari keluarga.

Saat ini, dia adalah Komandan Flight Wing Taruna Akademi Angkatan Udara. Dalam atraksi yang baru saja dijalankannya, dia memakai parasut klasik. "Jenis parasut untuk ketepatan mendarat," sebut dia.

Menurut Riyanti, keamanan adalah faktor paling utama dan terpenting di setiap penerjunan. "Harus siap sejak dari bawah. Itu terkait parasut yang digunakan, harus benar-benar aman dan terlipat baik. Kita juga harus menyiapkan fisik terlebih dahulu," papar dia.

(Santo Ari/Tribun Jogja/Sugiyarto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com