Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar: Ini Galian Rakyat atau Galian Rakyat Amerika?

Kompas.com - 03/09/2014, 22:06 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar terlihat kaget melihat alat-alat berat yang berada di pertambangan karst ilegal di Kampung Bunder, Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Pasalnya, alat-alat penambangan itu dinilainya sangat canggih.

"Canggih bener nih alatnya," kata Deddy saat menggelar inspeksi mendadak di lokasi tambang karst di Karawang, Rabu (3/9/2014).

Menurut Deddy, para penambang ilegal kerap diasosiasikan dengan "rakyat" karena mereka menambang dengan cara tradisional untuk menyambung hidup dan kebutuhan keluarganya. Namun, melihat kenyataan alat penambangan karst di lokasi yang dinilainya sangat canggih itu, kata Deddy, tidak mencerminkan atau tidak layak disebut galian rakyat. Menurut dia, pelaku penambangan merupakan bos-bos perusahaan besar.

"Katanya ini galian rakyat, tapi ini alatnya canggih bener. Ini (disebut) galian rakyat atau galian rakyat Amerika?" tanya Deddy menyindir para pelaku penambangan ilegal.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sejumlah alat berat seperti backhoe yang digunakan untuk aktivitas penambangan dipasang garis polisi. "Kita pasang garis polisi, ini melanggar," kata Kapolres Karawang Ajun Komisaris Besar Daddy Hartadi yang ikut meninjau di lokasi penambangan. Alat - alat penambangan itu secepatnya akan dipindahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com