Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Makan Ular Lain, Kobra Sepanjang 2 Meter Ditangkap Warga

Kompas.com - 02/09/2014, 19:47 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MINAHASA, KOMPAS.com — Warga Desa Panasen, Kecamatan Kakas Barat, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, digegerkan oleh penemuan seekor ular kobra sepanjang 2,5 meter. Ular tersebut ditemukan oleh Jemy Kolang (48) pada Rabu (27/8/2014).

"Sejauh yang kami tahu, baru kali ini ada penemuan ular kobra di desa kami. Apalagi ukurannya sangat panjang," kata Staf Kantor Camat Kakas Barat, Rudy Kolang, sambil memperlihatkan ular kobra tersebut, Selasa (2/9/2014).

Menurut Rudy, Jemy menemukannya di area ladang tidak jauh dari permukiman warga.

"Waktu ditemukan, ular kobra ini sedang makan ular lain. Tidak semua ditelannya, sebagian dari badan ular yang dimakannya dimuntahkan, tapi sudah mengering," ungkap Rudy.

Sementara itu, Jemy sedang tidak berada di rumah ketika hendak dijumpai. Menurut keterangan warga lainnya, Jemy sedang pergi mencari ular kobra lainnya yang juga terlihat sewaktu dirinya menangkap kobra yang kini sudah dikandangi itu.

"Dia (Jemy) yang tangkap waktu itu. Dia pakai kayu, ular itu tidak melawan karena sedang makan ular lain. Kami taruh di kandang dari kawat biar tidak melukai orang," ungkap Rudy.

Hingga saat ini, ular kobra tersebut belum diberi makan karena mereka menganggap ular itu masih kenyang. Kini setiap hari ratusan orang datang ke rumah Jemmy hanya untuk melihat penampakan ular kobra tersebut.

Beberapa warga mengakui bahwa saat ini mereka menjadi takut pergi ke kebun, apalagi saat mengambil bambu. Mereka takut masih ada ular kobra sejenis itu yang berada di area kebun.

"Ini mungkin jenis King Cobra, tapi kami tidak tahu persis. Kalau ada yang mau beli, lebih baik dijual saja, mungkin bisa berguna untuk diteliti daripada ular ini mati," kata Rudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com