Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penemuan Bom Seberat 2 Kuintal Gegerkan Warga Amurang, Minahasa Selatan

Kompas.com - 01/09/2014, 23:30 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MINAHASA SELATAN, KOMPAS.com - Warga di Kelurahan Ranomea, Kecamatan Amurang Timur, Kabupaten Minahasa Selatan digegerkan dengan temuan bom aktif dengan berat sekitar 200 kilogram, Senin (1/9/2014).

Bom sepanjang 120 centimeter dan berdiameter 40 centimeter tersebut diduga merupakan peninggalan perang dunia kedua yang tidak meledak. Bom itu ditemukan oleh Tanti Gobel (35), operator alat berat saat eskavator yang dioperasikannya untuk pelebaran jalan trans Sulawesi, tiba-tiba menyentuh benda keras.

"Saya sedang mengeruk tanah untuk pembuatan saluran got, saya hentikan pengerukan karena bucket escavator (pengeruk) saya menyentuh benda sejenis bom," ujar Tanti.

Sontak penemuan bom yang diduga masih aktif tersebut menghebohkan warga setempat. Bahkan penemuan itu juga menjadi perhatian bagi pengendara yang melintasi lokasi kejadian. Kemacetan pun tidak bisa dihindarkan.

Lokasi penemuan bom tersebut kemudian dipasang garis polisi oleh petugas kepolisian setempat. Sementara anggota TNI dari Kompi C Yonif 712 memindahkan sementara bom tersebut ke markas mereka.

Komandan Kompi C Yonif 712, Letnan Satu Ifanteri Ferdinand Tadampa menjelaskan bahwa pemindahan bom dilakukan demi keamanan warga.

"Evakuasi baru bisa dilakukan malam tadi, karena kami hanya menggunakan peralatan seadanya. Untuk sementara bomnya ada di markas," ujar Ferdinand.

Dari informasi yang dihimpun diduga bom yang bisa menghancurkan satu desa itu dijatuhkan pesawat tempur Jepang saat Perang Dunia Kedua, namun tidak meledak hingga ditemukan tadi sore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com